Ahmad Fauzan Ali

Guru TIK di SMP Negeri 3 Sampang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar dari rumah membosankan, kata siapa? (Tantangan Ke 102

Belajar dari rumah membosankan, kata siapa? (Tantangan Ke 102

Belajar dari rumah membosankan, kata siapa?

Imbas Covid-19 di beberapa kota di Indonesia yaitu dengan terpaksa diliburkan sekolah-sekolah. Hal ini terjadi karena adanya kekhawatiran tempat belajar bisa menjadi sumber penyebaran virus. Namun, libur bukan berarti bebas tugas. Beberapa sekolah tetap mengadakan kegiatan belajar mengajar secara online baik itu materi pembelajaran, penugasan, penilaian, diskusi dan lain sebagainya.

Anakpun harus diberi pengertian dan pemahaman bahwa mereka tetap harus belajar atau mengerjakan tugas dari rumah seperti biasa. Baik mengakses dan mempelajari materi, mengerjakan tugas, diskusi dengan temannya dan juga berkomunikasi dengan guru semuanya dilakukan secara online. Tapi ada yang perlu diingat, belajar dirumah para siswa merasakan bagaimana mereka harus belajar tengok kanan kiri tanpa teman bercanda, materi pelajaran dan tugas harus mereka terima antara 3 – 4 kali bahkan lebih dalam sehari, lain lagi kalau ada siswa yang bermasalah dengan paket data atau jaringan, dan lain sebagainya. Keadaan seperti inilah yang justru memicu siswa untuk enggan belajar dan lebih memilih bermain walaupun masih suasana lockdown.

Disinilah sebenarnya peranan IT mulai terasa, terutama bagi para guru yang merasa dirinya Gaptek (gagap teknologi). Karena disadari atau tidak, para guru sebenarnya ingin siswanya tetap belajar dari rumah dan memanjakan mereka dengan materi pelajaran yang menyenangkan dan menghibur, seperti Games, video, komik, animasi dll., tentu saja tujuannya tidak lain adalah agar para siswa tetap semangat dan termotivasi dalam belajar.

Begitu juga dengan penulis, karena penulis tidak ingin belajarnya siswa selama dirumah hanya bertahan 1 mingguan, atau malah strees bahkan mengeluh hanya karena tidak memiliki paket data. Akhirnya, penulis mencoba menyajikan materi semenarik, se menghibur dan semenyenangkan mungkin untuk mengatasi masalah-masalah diatas, sebagaimana yang penulis pernah posting di GuruSiana. Diantaranya adalah :

1. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/2/yuk-membuat-game-edukasi-sederhana-2929100

2. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/2/som-ternyata-asyik-juga-ya-tantangan-gurusiana-hari-ke-4-45698

3. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/4/membuat-presentasi-keren-dengan-office-mix-tantangan-gurusiana-hari-ke-40-1027450

4. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/04/membuat-komik-sederhana-dengan-hp-android-tantangan-gurusiana-hari-kie-52-3697856

5. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/4/membuat-game-quiz-sederhana-tantangan-gurusiana-hari-ke-53-4036100

6. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/04/yukmembuat-komik-diri-keluarga-atau-teman-dll-tantangan-gurusiana-hari-ke-54-1022120

7. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/05/mengenal-padlet-yuuuukkk-tantangan-gurusiana-hari-ke-72-1963374

8. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/05/belajar-question-writer-sendiri-tantangan-gurusiana-hari-ke-73-4922632

9. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/05/membuat-matching-game-sederhana-tantangan-gurusiana-hari-ke-74-95181

10. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/5/membuat-vektor-dengan-infinite-design-tantangan-gurusiana-hari-ke-85-530915

11. https://fauzan75.gurusiana.id/article/2020/05/membuat-animasi-3d-tantangan-gurusiana-hari-ke-88-4445889

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Diharapkan dalam waktu dekat, tutorial-tutorial ini akan menjelma menjadi sebuah buku. Karena diharapkan pembelajaran menyenangkan dan menghibur tidak hanya pada saat Pandemi Covid-19 saja, tapi hingga masa-masa selanjutnya. Tutorial-tutorial ini mengedepankan Tip dan Trik yang sangat mudah dan sederhana, dengan tujuan agar dapat diterapkan oleh semua guru bahkan yang GapTek sekalipun agar dapat menciptakan Inovasi Pembelajaran di dalam kelas baik daring maupun luring.

Para gurupun juga begitu, seharusnya selain memberikan tugas, mengontrol kegiatan belajar siswa selama dirumah, memberikan penilaian, evaluasi dan lain sebagainya. juga merupakan kesempatan besar bagi para guru untuk menambah wawasannya dengan mengikuti diklat, workshop, seminar, dll., yang sifatnya daring baik menggunakan Zoom, Teams, Webex, Nuadu, Kaizala, dll. Hal inilah yang semestinya disikapi oleh para guru betapa pentingnya Teknologi Informasi, terutama bagi guru yang selama ini kurang friendly terhadap Teknologi Informasi.

Kita senantiasa harus mensyukuri dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa. Apalagi ada wacana bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan skenario belajar dari rumah hingga akhir tahun 2020. Apa jadinya kalau kita hanya berdiam diri dirumah. Semoga kita tetap semangat mencari dan berbagi ilmu di tengah pandemi COVID-19 ini..Aamiin.

Biodata Peserta

Ahmad Fauzan Ali, S.Kom. adalah sarjana S1 Teknik Jurusan Teknik Informatika dan sekarang bekerja sebagai Guru PNS untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 3 Sampang yang beralamat di Jl. Syamsul Arifin 1/36 Sampang. Anak ke-4 dari 9 bersaudara yang dilahirkan pada tanggal 17 Mei 1975 di Sampang Madura Jawa Timur ini memiliki hobby membaca dan menulis. Hal ini dapat dilihat dari beberapa Karya yang pernah dibuat, antara lain :

· Penerapan PowerPoint Interaktif berbasis Visual Basic (Macro-Enable Presentation) dengan Edmodo - 2015

· Penerapan Video Pembelajaran Menggunakan Power Point Interaktif dengan Screencast O’Matic (SOM) – 2016

· Diktat Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP Kelas VII Semester 1 - 2017

· Diktat Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP Kelas VII Semester 2 - 2017

· Penggunaan Game Edukasi Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa. - 2018

· Inovasi Video Pembelajaran (sudah terbit ber-ISBN) - 2018

· Antologi puisi “Merajut Asa” 2019 (sudah terbit ber-ISBN)

· Antologi Puisi Kolaborasi “Memungut Tapakmu” 2019 (sudah terbit ber-ISBN)

· Antologi Puisi Kolaborasi “Menenun Rinai Hujan” 2019 (sudah terbit ber-ISBN)

-------------dalam proses

- Kumpulan Tip & Trik Tutorial aplikasi untuk pembelajaran

Mudah dan sederhana (Part 1 dan 2)

- Buku Cerita Anak (Maafkan Ilham..bu!)

Pria yang beralamat di Dusun Batuporo Desa Batuporo Barat Rt. 001 Rw. 001 Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang ini juga pernah menjadi juara 3 Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Sampang 2018 dan menjadi finalis Lomba Inovasi Pembelajaran pada tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Kesharlindungdikdas Kemdikbud. Selain itu juga pernah menjadi Instruktur dalam Pelatihan Getting Started Literasi ICT Dasar Bagi Participant Teacher Daerah terpencil dan menjadi Guru Inti Kegiatan PKP yang dilaksanakan beberapa bulan lalu untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan lain sebagainya.

Tidak sulit untuk mencari orang yang satu ini, karena setiap saat bisa dihubungi melalui No. HP: 081231239383 dan Email : [email protected] atau [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post